Logo Bloomberg Technoz

"Untuk asupan protein masyarakat kita tingkatkan menuju generasi emas 100 gram per kapita per hari. Kita bergerak bersama secara nasional. Semangat kita, ikan sebagai protein bangsa, sukseskan program Makan Bergizi Gratis, dan mewujudkan generasi emas Indonesia," lanjut Budi.

Dengan demikian, langkah ini juga disebut sebagai bagian dari upaya KKP untuk mengangkat UMKM naik kelas. Walhasil, multiplier effect yang terjadi di sektor hilirisasi perikanan dapat dilaksanakan. Misalnya, dengan penambahan sebanyak 1,3 juta lapangan usaha dan 6,5 penyerapan tenaga kerja.

"Nah ketika kita berbicara program Makan Bergizi Gratis itu maka satu pekan mungkin 100 gram ikan, dengan sekian jumlah target data awal dari  Kemenko Perekonomian, itu membutuhkan bahan baku ikan sekitar 352.000 ton dengan nilai perputaran ekonomi sekitar Rp7,05 triliun [per tahun]," klaim Budi.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, tanpa program Makan Bergizi Gratis, kebutuhan susu nasional mencapai 4,3 juta ton per tahun. Sebanyak 22,7% di antaranya masih dipenuhi melalui kebijakan impor. Adapun, program Makan Bergizi Gratis menyasar 82,9 juta anak sekolah, balita, dan ibu hamil.

(prc/wdh)

No more pages