Logo Bloomberg Technoz

KKP: Proyek Susu Ikan Serap 196 Ribu Pekerja, Omzetnya Rp7,05 T

Pramesti Regita Cindy
18 September 2024 11:10

Surikan, Produk Susu Ikan (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Surikan, Produk Susu Ikan (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut proyek susu ikan untuk menopang program Makan Bergizi Gratis (MBG) dapat memberikan multiplier effect yang signifikan terhadap pembukaan lapangan kerja dan serapan tenaga kerja dari sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistyo mengatakan, setiap 1% serapan dari kebutuhan konsumsi 4,1 juta ton susu di Indonesia, terdapat peluang pembukaan 6.150 industri berbasis protein ikan dengan kapasitas produksi 2 ton per bulan.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan dengan kapasitas produksi 492.000 ton susu ikan per tahun, tenaga kerja yang terserap bisa mencapai sekitar 195.796 orang.

Ikan segar./Bloomberg-Lauryn Ishak

Ketika kita berbicara program Makan Bergizi Gratis, satu pekan mungkin 100 gram ikan [...] itu membutuhkan bahan baku ikan sekitar 352.000 ton dengan nilai perputaran ekonomi sekitar Rp7,05 triliun [per tahun].

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Budi Sulistyo

Perincian serapan tenaga kerja tersebut berasal dari berbagai sektor, seperti di sektor nelayan sebanyak 86.403 orang, industri HPI (ekstrak protein ikan) 73.800 orang, dan di industri susu ikan sebanyak 35.593 orang.

"Kemudian juga industri susu ikan [akan melakukan] penyerapan tenaga kerja untuk memenuhi 492.000 ton susu ikan per tahun. Ini suatu kesempatan kekuatan nasional yang kita bisa bangun dan memanfaatkan sumber daya alam kita asli produk untuk meningkatkan asupan protein masyarakat."