Logo Bloomberg Technoz

Analis: Deal Alibaba Lebih Penting Ketimbang Isu Founder GOTO

Sultan Ibnu Affan
18 September 2024 10:28

Ilustrasi saham GoTo Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi saham GoTo Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Analis memandang kejelasan posisi Alibaba, satu dari dua investor institusi terbesar PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang akan terus menjadi investor jangka panjang perusahaan akan menjadi titik penting bagi kepercayaan investor atas saham emiten teknologi ini.

Alibaba memegang saham GOTO sebanyak 88.531.124.993 saham Seri A GoTo atau setara dengan 7,37% melalui anak usahanya Taobao China Holding Limited, per 31 Agustus 2024. Jumlahnya lebih besar ketimbang gabungan saham dari para pendiri baik Seri A dan Seri B (saham multipel).

Untuk saham Seri A, Andre Soelistyo hanya tersisa 0%, William Tanuwijaya 0,39%, dan Melissa Siska 0,33% sehingga ketiganya hanya 0,72%, sedangkan untuk saham Seri B, Andre 0,56%, William 1,05%, Kevin Aluwi 0,27% dan Melissa 0,09% sehingga total 1,97%. Investor publik (di bawah 5%) memegang saham GOTO di seri A sebanyak 78,41%.

“Ini pencapaian positif bagi GOTO, kerja sama Alibaba Cloud, sekaligus mereka mengunci kerja sama dan investasi Alibaba di GOTO dalam 5 tahun ke depan. Kepastian ini semestinya membuat jelas untuk semua pelaku pasar,” kata Annisa Septiwijaya, Analis Shinhan Sekuritas, dihubungi Bloomberg Technoz.

Dia menilai isu kejelasan investasi Alibaba ini lebih krusial dibandingkan dengan isu-isu sebelumnya terkait dengan hengkangnya para founder GOTO.