Logo Bloomberg Technoz

Pujian Rogan, meskipun bukan dukungan langsung, memberikan dukungan implisit untuk Harris. Hal ini menjadi kerugian bagi strategi kampanye Trump yang menargetkan pria muda, yang merupakan bagian penting dari basis pendengar Rogan.

"Mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa, sejak saat Biden keluar, memaksa Biden keluar," kata Rogan tentang tim Harris dalam sebuah episode yang direkam pada 11 September dan ditayangkan Senin. 

"Apa pun yang mereka lakukan, siapa pun yang menulis pidato-pidato itu" dan melatihnya, "dia melakukannya dengan sempurna."

Rogan, seorang figur kontroversial karena menyebarkan informasi yang salah dan komentar rasis di masa lalu, secara terbuka mengkritik Trump. Dia menunjukkan kesetiaan politik yang campur aduk di masa lalu, pernah mendukung Bernie Sanders dalam pemilihan 2020 sambil mengatakan pada saat itu bahwa dia juga akan memilih Trump daripada Biden, dan sebelumnya menyatakan dukungan untuk kandidat independen Robert F. Kennedy, Jr. dalam pemilihan 2024.

The Joe Rogan Experience adalah podcast nomor 1 di Spotify Technology SA berdasarkan jumlah pendengar unik dan total pengikut, dan nomor 5 dalam peringkat Apple Podcasts yang mempertimbangkan ukuran audiens, keterlibatan, dan penyelesaian episode. 

Billie Eilish dan saudaranya, yang telah menulis dan memproduksi banyak lagunya, memiliki pengikut gabungan sebanyak 123 juta di aplikasi Meta Platforms Inc.

“Kami memilih Kamala Harris dan Tim Walz, karena mereka berjuang untuk melindungi kebebasan reproduksi kami, planet kami, dan demokrasi kami,” kata Billie Eilish, 22, dalam video tersebut. 

“Beri suara seolah hidup Anda bergantung padanya, karena memang demikian.”

Akun Instagram kampanye Harris mengomentari postingan tersebut, mengacu pada salah satu lagu hit Eilish. “Birds of a feather,” tulis mereka, dengan emoji hati.

Beberapa nama besar di Hollywood yang condong ke Demokrat sudah mendukung Harris, termasuk Swift dan raja media Oprah Winfrey, yang berkampanye bersama Harris minggu ini. 

Ekonom Craig Garthwaite dan Timothy Moore, yang menilai dampak dukungan Winfrey untuk Barack Obama dalam pencalonan pertamanya sebagai presiden pada tahun 2008, menemukan bahwa dukungannya membantu menambah sekitar 1 juta suara menuju kemenangannya.

Meskipun dukungan selebritas jarang dianggap sebagai pengubah permainan, jajak pendapat yang menunjukkan bahwa Harris dan Trump pada dasarnya seimbang menekankan betapa upaya untuk mendorong pemilih bisa memainkan peran yang sangat penting. 

Beberapa selebritas mendorong penggemar mereka untuk mendaftar sebagai pemilih pada hari Selasa, yang menandai Hari Pendaftaran Pemilih Nasional di AS.

(bbn)

No more pages