Logo Bloomberg Technoz

KKP Cari Investor Susu Ikan, Segera Tambah 1 Pabrik di Pekalongan

Pramesti Regita Cindy
18 September 2024 10:00

Ikan segar./Bloomberg-Betty Laura Zapata
Ikan segar./Bloomberg-Betty Laura Zapata

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menyiapkan insentif bagi investor yang tertarik masuk ke program penghiliran produk perikanan melalui pembangunan pabrik hidrolisat protein ikan (HPI) bahan baku ‘susu ikan’.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistyo mengatakan pabrik HPI sebagai bahan baku susu ikan sebenarnya sudah mulai dikembangkan di Indonesia sejak 2017.

Menurutnya, sejumlah pengusaha dari sektor lain kini juga mulai melirik peluang untuk membangun pabrik HPI sebagai bagian dari upaya hilirisasi produk kelautan dan perikanan.

"Kami sudah sampaikan [kepada pengusaha], ‘sumbernya [HPI] seperti ini, sumber bahan bakunya ini’. Kami juga sudah minta kepada para ahli, dan kami juga sudah memberikan kemudahan pelayanan terkait dengan perizinan dan semuanya, serta komunikasi antarpihak," kata Budi ditemui di kantor KKP, dikutip Rabu (18/9/2024).

"Kami juga menyediakan data terkait dengan bagaimana sumber daya bahan baku yang bisa menjadi awal dari pendirian pabrik-pabrik ini," sambungnya. 

Alternatif Susu Sapi, Susu Ikan Terbuat Dari Apa? (Bloomberg Technoz/Asfahan)