Logo Bloomberg Technoz

Ekonom Yakin The Fed Pangkas Suku Bunga 25-50 Bps Hari Ini

Azura Yumna Ramadani Purnama
18 September 2024 09:30

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) memprediksi bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve mulai memangkas suku bunga acuan secara bertahap mulai September 2024 ini.

“Rilis data inflasi AS yang terkini membuka jalan untuk the Fed memangkas suku bunga acuannya secara bertahap mulai minggu ini,” kata Peneliti Makroekonomi dan Pasar Keuangan LPEM UI Teuku Riefky dalam risetnya, Rabu (18/9/2024).

Riefky menjelaskan, tingkat inflasi AS pada Agustus 2024 melambat cukup signifikan menjadi 2,5% (year-on-year/yoy) di Agustus 2024 dari sebelumnya pada Juli 2024 sebesar 2,9% (yoy), angka itu menurutnya lebih rendah dari estimasi yang dihimpun reuters sebesar 2,6% (yoy).

Mengacu CME Fedwatch, probabilitas penurunan Fed fund rate (FFR) sebesar 50 bps semakin meningkat menjadi 67%. Sementara itu, probabilitas penurunan suku bunga acuan AS sebesar 25 bps terekam sebesar 33%.

Pada saat yang sama, hasil konsensus dari survei yang dilakukan oleh Bloomberg, sampai siang kemarin, masih menghasilkan median estimasi pemangkasan FFR sebesar 25 bps.