Logo Bloomberg Technoz

Pengumuman BI Rate: Turun 25 Bps Jadi 6%

Azura Yumna Ramadani Purnama
18 September 2024 14:36

Logo Bank Indonesia.
Logo Bank Indonesia.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) edisi September. Satu yang ditunggu oleh pelaku pasar adalah nasib suku bunga acuan atau BI Rate.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 17-18 September 2024 memutuskan untuk menurunkan BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 6%, suku bunga Deposit Facility menjadi sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility menjadi sebesar 6,75%," ungkap Gubernur Perry Warjiyo dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg juga memperkirakan suku bunga acuan ditahan dalam RDG kali ini. Hasil konsensus Bloomberg dari 32 prediksi yang dikumpulkan, menghasilkan median perkiraan 'hold' untuk BI Rate.

Namun, sejatinya suara pasar tidak bulat, tidak aklamasi, ada dissenting opinion. Sebanyak 8 konom yang disurvei memprediksi BI akan menggunting bunga acuan sebanyak 25 bps dalam RDG pekan ini.

Sebab, BI memang dalam posisi yang dilematis. RDG bulan ini sekitar 12 jam lebih awal dari pengumuman hasil rapat bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve.