Logo Bloomberg Technoz

BI Rate dan Fed Rate Diputus Hari Ini, Begini Prediksi Rupiah

Tim Riset Bloomberg Technoz
18 September 2024 08:00

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah bersiap menghadapi 'gong' keputusan kebijakan bunga acuan Bank Indonesia Rabu siang ini yang akan berlanjut dengan keputusan super penting oleh Federal Reserve, bank sentral Amerika, pada Kamis dini hari nanti.

Rupiah memperlihatkan peluang penguatan bila melihat sinyal yang muncul di pasar offshore. Rupiah forward di pasar New York dini hari tadi ditutup naik 0,25% ke level penutupan terkuat setahun terakhir untuk tenor sepekan di Rp15.350/US$ ketika indeks dolar AS juga menguat 0,13%.

Pagi ini, gerak rupiah NDF-1M bergantian menyentuh level terkuat di Rp15.361/US$ setelah semalam juga ditutup menguat 0,21%. 

Level rupiah offshore itu lebih lemah dibanding posisi penutupan rupiah spot kemarin di Rp15.335/US$, mengisyaratkan rupiah masih berpotensi menguat hari ini meski mungkin ruangnya lebih terbatas.

Pada pembukaan pasar Asia pagi ini, sentimen pasar regional cenderung masih positif jelang pengumuman kebijakan bunga The Fed. Dong Vietnam menguat 0,19%, disusul dolar Singapura yang naik 0,11%. Begitu juga yuan offshore yang juga menguat tipis 0,05%.