Logo Bloomberg Technoz

Hal yang Perlu Diperhatikan Jelang Pengumuman Suku Bunga The Fed

News
18 September 2024 07:50

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) diperkirakan akan menurunkan suku bunga pekan ini, setelah mempertahankan biaya pinjaman pada level tertinggi dalam dua dekade selama lebih dari setahun. Namun, besarnya penurunan masih menjadi pertanyaan.

Para peramal sebagian besar mengantisipasi Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akan mengurangi suku bunga sebesar seperempat poin menjadi kisaran 5% hingga 5,25%, meskipun ekonom di JPMorgan Chase & Co memperkirakan langkah yang lebih besar, setengah poin. Para investor melihat peluang yang lebih baik daripada rata-rata untuk penyesuaian setengah poin.

Proyeksi kuartalan baru yang dirilis pada akhir pertemuan kebijakan yang digelar selama dua hari akan memberikan wawasan lebih lanjut tentang jalur ke depan untuk biaya pinjaman dan perekonomian.

Investor umumnya melihat jalur pengurangan yang lebih agresif tahun ini daripada serangkaian pemotongan seperempat poin yang diperkirakan oleh ekonom. Pasar keuangan telah menetapkan harga lebih dari satu poin persentase penuh pemotongan sebelum tahun berakhir, menyiratkan setidaknya satu pemotongan setengah poin.

Jalur suku bunga The Fed. (Sumber: Bloomberg)