Logo Bloomberg Technoz

PON XXI Aceh - Sumut

KONI Tunda Pertandingan Menembak PON XXI Akibat Cuaca Ekstrem


(Dok. Ist)
(Dok. Ist)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman menegaskan bahwa keselamatan atlet menjadi prioritas utama dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Pernyataan ini disampaikan Marciano Selasa (17/9/2024) usai meninjau venue olahraga menembak di Lapangan Tembak Rindam Iskandar Muda Mata Ie, Aceh Besar, yang atapnya bocor dan ambruk usai dilanda hujan deras dan angin kencang.

Sejumlah pertandingan di Lapangan Tembak Rindam telah berjalan dengan baik, dengan 21 dari 40 medali telah diperebutkan. Namun, karena cuaca yang tidak bersahabat, langkah penghentian sementara diambil untuk memastikan keselamatan semua pihak.

"Hujan dan badai ini sangat di luar prediksi, talang air bangunan di venue menembak tidak mampu menahan intensitas air yang begitu tinggi. Oleh karena itu, semua pertandingan di sini untuk sementara dihentikan, dan atlet dikembalikan ke penginapan untuk beristirahat," tegas Marciano sembari menambahkan jika bangunan yang atapnya bocor tersebut tidak dipergunakan untuk pertandingan.

Pihak KONI pun dengan bekerja sama dengan Panitia Pelaksana (Panpel) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera mengambil beberapa langkah. "Kami akan menunggu cuaca membaik sebelum melanjutkan pertandingan. Kami berharap, dari 19 nomor yang tersisa, semuanya dapat dipertandingkan tanpa penundaan lebih lanjut," tambah Marciano.