Logo Bloomberg Technoz

Produksi Industri AS Rebound Usai Penurunan Akibat Badai

News
17 September 2024 20:55

Pekerja di pabrik tekstil./Bloomberg-Qilai Shen
Pekerja di pabrik tekstil./Bloomberg-Qilai Shen

Vince Golle - Bloomberg News

Bloomberg, Produksi industri Amerika Serikat (AS) rebound pada Agustus dari penurunan terkait Badai Beryl sebulan sebelumnya, yang mencerminkan peningkatan produksi manufaktur dan pertambangan.

Kenaikan 0,8% dalam produksi di pabrik-pabrik, tambang, dan utilitas menyusul penurunan 0,9% yang direvisi turun pada bulan sebelumnya, data Federal Reserve menunjukkan pada Selasa (17/9/2024). Kenaikan pada Agustus melebihi semua estimasi dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom.

Produksi manufaktur naik 0,9%, sementara ekstraksi pertambangan dan energi meningkat. Produksi di perusahaan-perusahaan utilitas tidak berubah di Agustus. Sebulan sebelumnya, badai menyebabkan pemadaman listrik dan penutupan sementara di beberapa produsen di Texas, serta mengganggu ekstraksi gas alam, menurut The Fed.

Meskipun produksi pabrik meningkat, manufaktur tetap tidak bergairah karena biaya pinjaman yang tinggi menghambat belanja modal dan membatasi permintaan konsumen untuk barang-barang besar. Permintaan ekspor juga tetap lemah. Namun, para pejabat The Fed pada Rabu (18/9/2024) terlihat mengambil langkah pertama dalam melonggarkan kebijakan moneter karena tekanan inflasi mereda.