Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Ritel AS Secara Tak Terduga Meningkat Usai Revisi Naik

News
17 September 2024 20:25

Ilustrasi penjualan ritel AS. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi penjualan ritel AS. (Dok: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan ritel Amerika Serikat (AS) secara tak terduga naik pada Agustus, menunjukkan permintaan konsumen yang sehat yang terus menopang perekonomian. 

Nilai pembelian ritel, yang tidak disesuaikan dengan inflasi, meningkat 0,1% pada Agustus setelah direvisi naik 1,1%, data Departemen Perdagangan menunjukkan pada Selasa (17/9/2024). Tidak termasuk mobil dan SPBU, penjualan naik untuk bulan keempat.

Data penjualan ritel AS. (Dok: Bloomberg)

Lima dari 13 kategori dalam laporan tersebut membukukan kenaikan, sementara kategori-kategori lain seperti elektronik dan peralatan, pakaian dan furnitur mengalami penurunan. Penerimaan di SPBU mengalami penurunan, yang mencerminkan harga yang lebih murah di pompa bensin.

Laporan penjualan ritel menunjukkan penjualan kelompok kontrol--yang digunakan untuk menghitung produk domestik bruto--naik 0,3% pada Agustus. Angka-angka ini menunjukkan permintaan rumah tangga yang tangguh di pertengahan kuartal ketiga bahkan ketika perekrutan dan pertumbuhan upah menunjukkan tanda-tanda moderasi.