Logo Bloomberg Technoz

Banggar DPR Setujui APBN Pertama Prabowo, Ini Rinciannya

Azura Yumna Ramadani Purnama
17 September 2024 19:10

Prabowo Subianto. (Dok. Bloomberg)
Prabowo Subianto. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Anggaran (Badan Anggaran) DPR RI menyetujui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 yang merupakan anggaran tahun pertama pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Dalam rapat kerja Banggar DPR dengan dengan Menteri Keuangan RI, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, dan Bank Indonesia (BI) yang digelar hari ini, Selasa (17/9/2024), telah menyepakati pengambilan keputusan APBN 2025 untuk dilanjutkan ke pembicaraan tingkat II.

“Dari Panja Asumsi, Panja TKD, Panja Belanja, sampai draf RUU dapat disetujui?” tanya Kepala Banggar DPR Said Abdullah. “Disetujui,” jawab peserta rapat.

Ia menyatakan bahwa tidak terdapat perubahan postur anggaran dari pembahasan terakhir yang dilakukan panitia kerja (panja), dan yang telah disampaikan oleh pemerintah dalam rapat kerja sebelumnya.

Pendapatan negara, yang telah disetujui oleh Banggar dipatok sebesar Rp3.005,12 triliun. Sementara belanja negara, dalam APBN 2025 disepakati sebesar Rp3.621,31 triliun.