Logo Bloomberg Technoz

NGO Ini Siap Produksi Susu Ikan Buat Program Makan Bergizi Gratis

Pramesti Regita Cindy
17 September 2024 18:40

Surikan, Produk Susu Ikan (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Surikan, Produk Susu Ikan (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta Berikan Protein Initiative—organisasi nirlaba penyedia susu ikan — menyampaikan sejumlah kesiapan industri dalam negeri dalam menyediakan susu ikan untuk program susu gratis guna mendukung program Makanan Bergizi Gratis (MBG). 

Menurut Founder Berikan Protein Intiative Yogie Arry, meskipun saat ini distribusi produksi baru bisa mencakup satu kabupaten, dia optimistis dengan dukungan teknologi dalam negeri, industri siap menduplikasi proses produksinya.

"Dengan kemampuan kita, dan sekarang alhamdulillah teknologi anak bangsa kita siap untuk menduplikasinya, ketika, misalnya dari pemerintah sendiri itu ada yang namanya advance market, komitmen dari pemerintah dan itu secara saya yakin di industri segera menyiapkan industri untuk mensupplynya," kata Yogie dalam acara Bincang Bahari  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bertajuk ‘Apa Itu Susu Ikan?’, Selasa (17/9/2024).

Untuk diketahui, produksi susu Berikan Protein Initiative, kata Yogie terbesar saat ini berada di Indramayu dengan kapasitas produksi mencapai 30 ton bahan aktif.

Jika bahan aktif tersebut diolah menjadi minuman siap diminum dengan kemasan 120 ml, industri mampu memproduksi sekitar 3,5 juta botol, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sekitar 167.000 anak.