Logo Bloomberg Technoz

2 Kilang Minyak di China Dinyatakan Bangkrut karena Margin Anjlok

News
17 September 2024 19:00

Ilustrasi Kilang Minyak (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Kilang Minyak (Sumber: Bloomberg)

Alfred Cang - Bloomberg News

Bloomberg, Dua perusahaan penyulingan minyak di China yang dijalankan oleh konglomerat kimia Sinochem Group Co dinyatakan pailit, menyoroti kesulitan yang dihadapi unit-unit yang lebih tua seiring dengan anjloknya margin.

Kreditur Zhenghe Group Co dan Shandong Huaxing Petrochemical Group Co, keduanya berbasis di provinsi timur Shandong, gagal menyepakati rencana restrukturisasi untuk pabrik-pabrik yang berhutang dan bisnis tersebut dinyatakan pailit, menurut pernyataan terpisah dari pengadilan setempat.

Sinochem tidak segera membalas email yang meminta komentar yang dikirim ke kantor pusatnya di Beijing saat hari libur di China.

Kilang-kilang yang disebut sebagai kilang teko di China--fasilitas pemrosesan kecil dan sederhana yang sebagian besar dimiliki oleh swasta--menghadapi permintaan yang lesu akan bahan bakar karena pemulihan ekonomi negara tersebut tidak kunjung pulih dan penggunaan kendaraan listrik semakin meningkat. Hal ini telah menyebabkan anjloknya tingkat operasi di kilang-kilang yang berada di Shandong.

Kilang minyak di China dinyatakan pailit. (Dok: Bloomberg)