Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, berdasarkan laporan Bloomberg News, ANZ Group tengah berencana melepas kepemilikan sahamnya di Panin. Itu dilakukan sebagai bagian dari perampingan operasional perusahaan.

Menurut sumber yang tak ingin diketahui identitasnya, ANZ telah bekerja sama dengan penasihat keuangan untuk membantu mencari tahu apakah ada pihak-pihak yang tertarik untuk membeli saham ANZ di Panin Bank. 

ANZ sendiri saat ini memiliki sebanyak 38,8% atau setara 9,34 miliar saham di bank tersebut. Calon pembeli potensial itu termasuk dari bank-bank Jepang dan Asia Tenggara, tak terlepas juga dari Malaysia.

Pertimbangan sedang berlangsung dan mungkin tidak mengarah pada penjualan, kata orang-orang tersebut, mengatakan bahwa valuasi adalah rintangan untuk kesepakatan potensial. Juru bicara ANZ menolak berkomentar.

Sebagai bagian dari upaya untuk memangkas bisnisnya di Asia, ANZ juga telah menjual 21,7% sahamnya di bank Malaysia AMMB Holdings Bhd awal tahun ini. 

Upaya untuk menjual kepemilikannya di Panin Bank tersebut sedianya telah berlangsung lebih dari satu dekade. Pada 2013, pembicaraan dengan Mizuho Financial Group Inc gagal setelah peraturan baru investasi minoritas di luar negeri menjadi lebih mahal, menurut laporan Bloomberg News pada saat itu.

Bank-bank Jepang lainnya termasuk Mitsubishi UFJ Financial Group Inc dan Sumitomo Mitsui Financial Group Inc sebelumnya telah mempertimbangkan mengajukan penawaran untuk Panin Bank, tetapi upaya tersebut terhenti karena masalah valuasi.

(ibn/dhf)

No more pages