Logo Bloomberg Technoz

Situasi ini membuat makanan bergizi tidak terjangkau oleh sebagian besar masyarakat dan bisa menyebabkan upaya meningkatkan kesehatan anak berjalan selama beberapa dekade, sementara cuaca ekstrim menyebabkan lebih banyak kejadian gagal panen. 

Kekurangan pangan bergizi pada anak menyebabkan masalah mental dan fisik mereka di masa depan yang akan berdampak besar pada perekonomian. Bank Dunia memperkirakan secara global nilai produktifitas yang hilang setiap tahun akibar masalah kurang gizi adalah US$3 triliun. 

"Skenario terburuk adalah negara-negara, terutama di Afrika, terus terjerat dalam kemiskinan" jika masalah kurang gizi tidak diselesaikan, kata Gates. 

"Dengan anggaran kecil di sektor sistem kesehatan dan peningkatan pangan, satu generasi anak hidup di situasi dimana kemampuan mereka untuk dididik, kapasitas mental mereka, jauh di bawah potensi sebenarnya," tambah Gates. 

Salah satu ketua Yayasan Bill & Melinda Gates dan masuk dalam daftar orang terkaya dunia ini berpendapat bahwa membantu negara-negara itu keluar dari kemiskinan sebagai "prioritas moral dan strategis."

Dia mengatakan mengatasi masalah kurang gizi pada anak akan membuat vaksin menjadi lebih efektif dan penyakit seperti malaria tidak terlalu berbahaya. 

Gates mengatakan solusi-solusi murah biaya untuk mengatasi sebagian besar masalah itu sudah siap diterapkan. 

Kegiatan yayasan Bill & Melinda Gates ada di bidang-bidang seperti memperluas akses mendapatkan vitamin untuk janin pada ibu hamil, meningkatkan produk susu sapi dan pemerahan yang aman di Afrika. Yayasan ini juga mendanai riset microbioma - bakteri yang hidup di dalam usus.

Prospek Kesehatan

PBB pada Juli lalu memperingatkan bahwa dunia tidak akan memenuhi satupun dari tujuh  target gizi global pada 2030. Bank Dunia memperkirakan erugian ekonomi dari kurang gizi bahkan bisa mencapai 16% dari PDB negara-negara berpenghasilan rendah. 

"Tidak banyak eonom yang berpandangan bahwa tingkat kurang gizi sebagai data penting ekonomi - tetapi mereka harus mulai berpikir seperti itu," kaga Gates dalam laporan Pencapaian tahunan yayasan miliknya itu. 

"Defisit gizi akan dengan cepat diterjemahkan menjadi defisit keuangan. Negara tidak bisa tumbuh jika rakyatnya tak tumbuh," kata Gates. 

Laporan pencapaian itu menyebut bahwa pada pertengahan abad ini, perubahan iklim akan menyebabkan tambahan anak stunting sebesar 40 juta anak kecuali ada langkah yang diambil dengan segera. Sementara itu, 28 juta anak lainnya mengalami gangguan pertumbuhan yaitu berat badan terlalu rendah dibanding tinggi tubuh. 

Malnutrition Continues to Impact Children Worldwide. (Sumber : United Nations' Food & Agriculture Organization)

Kurang Gizi merupakan penyebab dari hampir setengah kematian anak, namun masalah ini adalah salah satu tantangan pembangunan dunia yang paling tidak diperhatikan dimana kuran dari 1% bantuan untuk masyarakat diperuntukkan untuk gizi. 

Mengatasi Masalah

Yayasan Gates telah berkomitmen dana sebesar US$922 juta untuk sektor gizi pada tahun 2026. Menurut Gates angka itu adalah yang terbesar untuk penelitian mikrobioma. Gates menginginkan pemerintah negara di dunia dan juga donor lain menyumbang dana ke Dana Gizi Anak. 

Yayasan ini juga mendukung program pternakan sapi yang lebih kuat akan panas dan memproduksi susu lebih banyak. Gates baru-baru ini mengunjungi Nigeria yang sejak lama kesulitan mengatasi keamanan pangan. Seperti negara lain di Afrika, di Nigeria produk protein hewani seperti susu dan telur mahal dan sulit didapat.

"Kami mencoba menurunkan harga susu dan telur di negara-negara itu," kata Gates. "Perkembangan sapi ke arah itu cukup menjanjikan."

Satu studi yang diterbitkan di jurnal Lancet Global Health memperlihatkan bahwa lebih dari setengah populasi dunia tidak mengkonsumsi cukup mikronutrien seperti zat besi, kalsium dan yodium. Menambahkan zat-zat itu pada makanan adalah teknologi lama yang kini diperluas.

Estimasi mikronutrisi. (Sumber: Passarelli et al (2024), Lancet Global Health)

Sebagai conton, Ethiopia sedang melakukan uji coba menambah asam folat pada garam yang udah diberi yodium untuk mengilangkan cacat yang menyebabkan kematian dan kematian bayi ketika lahir. 

Gates bersemangat dengan proyek mikrobioma, dimana bakteri dalam usus bisa berdampak pada kemampuan tubuh menyerap gizi dan memerangi penyakit. 

Uji coba memberi probiotik pada anak balita agar bisa menyerap gizi lebih baik sedang dijlakukan. Langkah selanjutnya adalah mengurangi biayanya.

(bbn)

No more pages