Logo Bloomberg Technoz

Di sisi lain, Erick juga mengatakan BUMN saat ini memiliki lebih dari 20 aset yang berada di sekitar kawasan Jakarta. Aset tersebut nantinya akan dimaksimalkan dan dilakukan penataan ulang guna meningkatkan nilai tambah.

"Kami coba berpikir berdiskusi dengan Plt Gubernur DKI supaya kawasan ini di di tata ulang, sehingga 20 aset ini bisa kita maksimalkan kembali. Ini menjadi bagian pertumbuhan kota Jakarta kedepan sebagai city enter baru."

Adapun, IIFC tersebut nantinya menyatukan inisiatif pengembangan Islamic ecosystem lintas sektor. Sektor tersebut meliputi lembaga keuangan baik perbankan, asuransi, pasar modal, serta industri riil seperti food and  beverages, kosmetik dan farmasi, fashion, media dan rekreasi. 

Selain itu, ada juga industri travel halal termasuk haji dan umrah, hingga kegiatan yang bersifat sosiobisnis seperti zakat, wakaf, donasi, ekosistem di pasar modal syariah seperti di pengembangan sukuk, reksadana, instrumen investasi serta kegiatan pendukung ekosistem halal lainnya.  

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia merupakan pasar besar dan memiliki potensi untuk menjadi pusat industri dan ekosistem halal dunia karena memiliki penduduk muslim yang sangat besar kurang lebih 236 juta jiwa. 

Oleh karena itu, Jokowi menyebut Indonesia harus menyiapkan pelaku-pelaku profesional di industri keuangan syariah. Ini tidak lepas dari pertumbuhan industri bank syariah yang lebih tinggi dibandingkan perbankan nasional. 

“Oleh sebab itu, Bank Syariah Indonesia sebagai bagian penting dari ekosistem ekonomi syariah harus tubuh maju, harus memiliki manajemen modern, harus kompetitif, profesional untuk menjangkau pasar-pasar potensial yang kita miliki, 236 juta penduduk muslim kita. Dan juga tumbuh menjadi barometer perbankan syariah di Indonesia, di regional ASEAN, dan juga di dunia,” kata Jokowi.

(ibn/dhf)

No more pages