Logo Bloomberg Technoz

Amazon Kurangi Posisi Manajer & Wajibkan WFO 5 Hari Sepekan

17 September 2024 11:10

Amazon.
Amazon.

Matt Day - Bloomberg News

Bloomberg, Andy Jassy, CEO Amazon.com Inc, sedang melakukan langkah untuk merampingkan perusahaan retail online dan cloud computing terbesar di dunia itu. Ia berencana mengurangi lapisan manajemen dan mewajibkan karyawan untuk kembali bekerja di kantor lima hari seminggu mulai Januari mendatang.

Keputusan ini, yang diumumkan melalui memo internal pada Senin (16/09/2024), selaras dengan keluhan yang sudah lama dibicarakan oleh beberapa karyawan senior. Mereka merasa semakin sulit untuk menyelesaikan pekerjaan di Amazon. Cerita tentang diskusi tak berujung, rapat yang tidak perlu, dan lapisan persetujuan yang berbelit-belit sudah menjadi hal yang biasa di perusahaan yang selama ini dikenal dengan budaya kumpulan tim yang beroperasi seperti startup.

Jassy sendiri mengakui hal tersebut dalam memonya. Ia menyebutkan adanya "rapat pra-rapat sebelum rapat pengambilan keputusan, semakin banyak manajer yang merasa perlu meninjau suatu topik sebelum dilanjutkan, dan pemilik inisiatif yang kurang percaya diri untuk memberikan rekomendasi karena keputusan akan dibuat di tempat lain."

Untuk mengatasi hal tersebut, Jassy menerapkan beberapa kebijakan baru. Setiap divisi utama di Amazon diwajibkan untuk meningkatkan rasio karyawan pelaksana (individual contributor) terhadap manajer sebesar 15% hingga akhir Maret 2025. Dia juga mengumumkan saluran khusus bagi karyawan untuk melaporkan proses-proses yang dianggap tidak perlu.