Logo Bloomberg Technoz

"Obat antimikroba adalah salah satu pilar penting dalam perawatan kesehatan modern, dan peningkatan resistensi terhadapnya adalah penyebab utama kekhawatiran."

Meningkatnya kekebalan bakteri terhadap banyak obat umum disebabkan oleh penggunaan antibiotik yang berlebihan pada manusia dan hewan. Ini membuat infeksi lebih sulit diobati dan meningkatkan risiko operasi, bedah sesar, dan perawatan kanker.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menyoroti masalah ini dalam sebuah pertemuan bergengsi pada tahun 2016, tetapi momentum sejak itu melambat. AMR kini menjadi "risiko sistemik yang serupa dengan perubahan iklim dan hilangnya alam," kata sebuah kelompok investor awal bulan ini.

Jika dibiarkan, AMR dapat menyebabkan tambahan biaya kesehatan sebesar $1 triliun pada tahun 2050, serta penurunan produk domestik bruto global sebesar 3,8%, menurut sebuah laporan yang diterbitkan bulan lalu.

"Kita sangat membutuhkan strategi baru untuk mengurangi risiko infeksi parah melalui vaksin, obat-obatan baru, perbaikan layanan kesehatan, akses yang lebih baik terhadap antibiotik yang ada, dan panduan tentang cara menggunakannya secara paling efektif," kata Stein Emil Vollset, penulis utama bersama studi yang diterbitkan di The Lancet dan profesor afiliasi di IHME.

(bbn)

No more pages