Logo Bloomberg Technoz

Microsoft Umumkan Buyback Saham Rp922 T & Naikkan Dividen 10%

News
17 September 2024 09:30

Microsoft. (Dok: Bloomberg)
Microsoft. (Dok: Bloomberg)

Andrew Pollack - Bloomberg News

Bloomberg, Microsoft Corp mengumumkan program pembelian kembali saham baru (buyback) senilai US$60 miliar (setara Rp922 triliun) yang menyamai otorisasi pembelian kembali terbesarnya, dan menaikkan dividen kuartalan sebesar 10%.

Perusahaan perangkat lunak tersebut mengatakan pemegang saham pada 21 November akan menerima dividen kuartalan sebesar 83 sen per saham, dibandingkan dengan 75 sen saat ini. Perjanjian pembelian kembali saham, yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, menggantikan program buyback senilai US$60 miliar yang diumumkan pada tahun 2021.

Microsoft, perusahaan bernilai terbesar kedua di dunia, telah mendapat keuntungan dalam beberapa tahun terakhir dari kegembiraan pasar terhadap kecerdasan buatan. Pembuat perangkat lunak tersebut telah memasukkan teknologi AI dari mitra OpenAI dalam lini produknya dan telah menggembar-gemborkan kemampuan alat-alat tersebut untuk meningkatkan aplikasi bisnisnya, seperti Teams, Word, dan Outlook. Microsoft pada Senin (16/09/2024) merilis serangkaian alat AI baru.

Saham naik kurang dari 1% dalam perdagangan tambahan setelah pembelian kembali diumumkan setelah ditutup pada US$431,34 dalam perdagangan reguler pada Senin. Saham telah naik 31% dalam setahun terakhir.