Logo Bloomberg Technoz

"Saya tidak tahu mengapa Anda melakukan itu, tetapi terima kasih." 

Disney memenangkan sembilan penghargaan pada malam itu secara keseluruhan, termasuk empat penghargaan untuk dark comedy The Bear, mengungguli Netflix Inc. dan Warner Bros. Discovery Inc. Netflix membawa pulang Emmy untuk serial terbatas terbaik untuk Baby Reindeer, sementara HBO milik Warner Bros. meraih serial komedi terbaik untuk Hacks.

Mendominasi malam terbesar industri TV akan mendorong Disney karena mencoba mengembangkan layanan streaming-nya. Meskipun perusahaan tersebut memiliki bisnis video streaming berbayar terbesar setelah Netflix, perusahaan tersebut masih berupaya mempertahankan laba dan meningkatkan pangsa pemirsanya. 

Perusahaan tersebut menyumbang lebih dari separuh nominasi untuk komedi terbaik dengan The Bear, What We Do in the Shadows, Only Murders in the Building, Abbott Elementary, dan Reservation Dogs.

Perusahaan seperti Disney, Netflix, dan Amazon.com Inc. menghabiskan jutaan dolar untuk kampanye guna memenangkan penghargaan, yang meningkatkan jaringan mereka di mata bakat kreatif dan pemirsa Hollywood. Meskipun kurang populer dibandingkan Oscar, Emmy tetap menarik jutaan pemirsa setiap tahun.

ABC, yang menayangkan Emmy, mengatakan pada hari Senin bahwa acara tersebut menarik 6,87 juta pemirsa TV AS, yang merupakan jumlah terbanyak sejak tahun 2021. Acara sebelumnya, yang diadakan pada bulan Januari setelah pemogokan besar-besaran oleh para aktor dan penulis pada tahun 2023, menarik rekor jumlah pemirsa terendah yaitu 4,46 juta.

Aktor komedi Eugene Levy dan putranya Dan Levy menjadi pembawa acara Prime-Time Emmy Awards ke-76. Acara tersebut berlangsung di Peacock Theater di pusat kota Los Angeles.

Baik Shogun maupun The Bear, yang berkisah tentang restoran yang sedang kesulitan di Chicago, berasal dari FX, jaringan kabel dan studio yang dipimpin oleh John Landgraf. Landgraf telah lama bersaing dengan HBO, Showtime, Netflix, dan Amazon untuk supremasi budaya, merilis serangkaian acara yang disukai kritikus meskipun menghabiskan lebih sedikit biaya daripada sebagian besar pesaingnya.

Disney mengakuisisi FX sebagai bagian dari kesepakatannya untuk aset hiburan Fox milik Rupert Murdoch. Shogun, yang mengikuti seorang pelaut Inggris dalam urusannya dengan seorang penguasa feodal Jepang dan salah satu deputi utamanya, sedang dalam tahap pengembangan sebelum Disney mengakuisisi FX. Acara ini pertama kali diadaptasi untuk TV pada tahun 1980 ketika NBC membuat miniseri lima bagian yang memenangkan penghargaan serial terbatas terbaik.

Versi terbaru dari novel ini dibuat oleh pasangan suami istri Marks dan Rachel Kondo. Acara ini awalnya dimaksudkan sebagai serial terbatas. Namun popularitasnya di kalangan kritikus dan penonton meyakinkan FX dan para kreator untuk membuat musim kedua. Shogun mengalahkan tujuh acara lainnya untuk kategori drama terbaik, termasuk Slow Horses, Fallout, dan The Crown.

Meskipun The Crown hanya memenangkan satu penghargaan dalam acara tadi malam untuk musim terakhirnya, Netflix berhasil meraih enam penghargaan secara keseluruhan, berkat Baby Reindeer, sebuah film thriller Inggris tentang seorang penguntit yang diciptakan Richard Gadd berdasarkan acaranya sendiri. Gadd juga menang untuk penulisan dan aktingnya dalam serial terbatas tersebut.

"Sepuluh tahun yang lalu saya terpuruk. Saya tidak pernah berpikir saya akan bisa menata hidup saya," kata Gadd. “Di sinilah saya, lebih dari satu dekade kemudian, meraih salah satu penghargaan penulisan terbesar di TV.”

(bbn)

No more pages