Logo Bloomberg Technoz

Veltri mencatat bahwa Routh aktif di internet. Banyak dari unggahan media sosialnya terkait dengan upayanya untuk merekrut pejuang bagi Ukraina, dan Veltri mengatakan itu juga merupakan bagian dari penyelidikan FBI. Biro tersebut juga mewawancarai teman-teman dan keluarga Routh di Hawaii dan North Carolina.

Saat ini, kata Veltri, tidak ada alasan untuk berpikir bahwa tersangka bekerja sama dengan orang lain.

Pengaduan tersebut menyertakan beberapa detail yang menarik tentang dugaan tindakan Routh. Catatan telepon seluler yang diperoleh oleh penegak hukum menunjukkan Routh mungkin telah berada di area lapangan golf selama sekitar 12 jam sebelum ia terlihat. Plat nomor pada SUV Nissan tempat Routh ditangkap juga diduga terdaftar pada truk Ford tahun 2012 yang dilaporkan dicuri.

Pengaduan pidana tersebut memungkinkan pihak berwenang untuk menahan Routh sambil menunggu dakwaan resmi yang diharapkan akan diajukan pada tanggal 30 September. Dakwaan tambahan dapat ditambahkan pada saat itu.

Insiden tersebut terjadi ketika Trump, calon presiden dari Partai Republik, sedang bermain golf di Trump International Golf Club miliknya.

Menurut pengaduan pidana tersebut, seorang agen Secret Service yang berjalan di sekeliling klub sekitar pukul 1:30 siang pada Minggu melihat sesuatu yang tampak seperti senapan menyembul dari barisan pepohonan. Agen tersebut menembak ke arah senapan tersebut. Seorang saksi kemudian melihat Routh melarikan diri dari area tersebut dan memasuki sebuah SUV Nissan.

SUV tersebut ditemukan sekitar 45 menit kemudian, dan Routh ditangkap setelah dikejar oleh polisi.

Pada konferensi pada Senin, Penjabat Direktur Dinas Rahasia Ronald Rowe mengatakan pria bersenjata itu tidak memiliki garis pandang pada Trump, yang langsung dievakuasi. Rowe mengatakan dia tidak tahu bagaimana tersangka bisa tahu Trump akan bermain golf hari itu, karena itu bukan acara yang dijadwalkan untuk umum.

Rowe mengatakan bahwa dia telah memberi pengarahan kepada Trump, menambahkan bahwa mantan presiden itu "sadar bahwa dia memiliki tingkat perlindungan tertinggi yang disediakan Dinas Rahasia."

Namun kepala Dinas Rahasia mengatakan upaya pembunuhan kedua telah mendorong beberapa pencarian jati diri. "Kita perlu melihat seperti apa metodologi perlindungan kita," kata Rowe. 

"Kita perlu keluar dari model reaktif dan beralih ke model kesiapan."

Para penyidik ​​telah menetapkan bahwa Routh sebelumnya dihukum pada bulan Desember 2002 atas kepemilikan senjata pemusnah massal dan pada bulan Maret 2010 atas beberapa tuduhan kepemilikan barang curian, menurut pengaduan tersebut. Kedua hukuman tersebut dijatuhkan di North Carolina.

Dakwaan federal atas kepemilikan senjata api oleh seorang penjahat yang dihukum memiliki hukuman penjara maksimum 15 tahun. Dakwaan atas nomor seri yang dihapus dapat dihukum hingga lima tahun penjara.

Kasusnya adalah AS v. Routh, 24-mj-08441, Pengadilan Distrik AS, Distrik Selatan Florida.

(bbn)

No more pages