Logo Bloomberg Technoz

Kata Istana Soal Pimpinan KPK Sulit Bertemu Presiden Jokowi

Sultan Ibnu Affan
16 September 2024 21:00

Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)
Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyatakan koordinasi antara pemerintah, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga saat ini masih berjalan baik.

Hal itu disampaikan merespons pernyataan Ketua Lembaga Antirasuah Nawawi Pomolango yang menyebut pihak Istana lebih mudah bertemu pimpinan organisasi masyarakat (ormas) ketimbang KPK.

"Koordinasi pemerintah dan KPK untuk aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi berjalan dengan baik," ujar Ari kepada Wartawan, Senin (16/9/2024), seraya menambahkan koordinasi tersebut dilakukan melalui Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia (Kemenko Polhukam).

Dia pun mengatakan bahwa pada prinsipnya Presiden Jokowi sangat terbuka untuk bertemu dengan pihak mana pun, termasuk juga kepada pimpinan KPK. 

Namun, dia menggarisbawahi jika Kepala Negara juga mempertimbangkan KPK sebagai lembaga negara independen. "Jangan sampai pertemuan-pertemuan antara Presiden dan KPK kemudian disalahpersepsikan, disalahartikan sebagai intervensi," ujar dia.