Logo Bloomberg Technoz

Arsjad Rasjid Surati Jokowi Soal Munaslub Kadin Anindya Bakrie

Sultan Ibnu Affan
16 September 2024 20:00

Berebut Kursi Kadin: Adu Dukungan Anindya Bakrie Vs Arsjad Rasjid (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Berebut Kursi Kadin: Adu Dukungan Anindya Bakrie Vs Arsjad Rasjid (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Istana Negara akui Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026, melayangkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isinya soal kisruh dualisme kepemimpinan di organisasi kumpulan pengusaha dan pelaku industri Tanah Air tersebut.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, surat tersebut juga telah diterima Kementerian Sekretariat Negara pada Minggu (15/9/2024).

"Surat tersebut posisinya masih di Kemensetneg, belum disampaikan ke Bapak Presiden. Surat akan diproses lebih lanjut," ujar Ari dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (16/9/2024).

Dualisme tersebut terjadi usai adanya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang menetapkan Anindya Bakrie sebagai ketua umum Kadin baru. Munaslub tersebut menggeser posisi Arsjad.

Arsjad pun mengatakan, penetapan posisi Anindya sebagai Ketum Kadin baru tersebut merupakan tidak sah, lantaran tidak sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin yang berlandaskan UU No. 1 Tahun 1987 dan Keputusan Presiden (Keppres) No. 18 Tahun  2022, terkait kepemimpinan Kadin Indonesia sebagai satu-satunya organisasi wadah bagi dunia usaha.