Logo Bloomberg Technoz

Stok Properti Minim, Penjualan Rumah di Singapura Anjlok Lagi

News
16 September 2024 15:20

Suasana perumahan dengan latar gedung bertingkatdi Ridley Park dan Tanglin Hill di Singapura, Sabtu (29/4/2023). (Lionel Ng/Bloomberg)
Suasana perumahan dengan latar gedung bertingkatdi Ridley Park dan Tanglin Hill di Singapura, Sabtu (29/4/2023). (Lionel Ng/Bloomberg)

Low De Wei - Bloomberg News

Bloomberg, Pemulihan singkat dalam penjualan rumah baru di Singapura mulai kehilangan tenaga karena realisasi transaksi pada Agustus justru jatuh ke level terendah sejak Februari.

Penjualan rumah pribadi baru turun menjadi 208 pada Agustus, lebih dari setengahnya dari 571 unit yang terjual sebulan sebelumnya. Angka tersebut juga turun sekitar 47% dari tahun lalu.

Jumlah transaksi terhambat oleh kurangnya proyek perumahan besar untuk dijual, karena pengembang bersikap hati-hati di tengah suku bunga tinggi dan berbagai pembatasan perumahan. Sejauh ini, hal itu belum berdampak pada penurunan harga, dengan penjualan, khususnya di pasar barang bekas, yang menopang valuasi.

Sebagian besar pengembang menunggu antusiasme pembeli rumah dan selera risiko yang lebih tinggi untuk kembali,” kata Nicholas Mak, kepala peneliti di Mogul.sg, portal properti. “Sekarang masih ‘belum, semoga segera.’”

Penjualan rumah di Singapura./dok. Bloomberg