Logo Bloomberg Technoz

Profil Arsjad Rasjid, Ketua Kadin di Tengah Konflik Rebutan Kuasa

Muhammad Fikri
16 September 2024 13:00

Arsjad Rasjid. (Dok: Bloomberg)
Arsjad Rasjid. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Arsjad Rasjid merupakan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang dipaksa untuk mundur dari jabatannya melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar pada Sabtu lalu (14/9/2024). Munaslub yang diikuti oleh 28 dari 34 Kadin Provinsi dan 25 Asosiasi yang tergabung dalam Kadin Indonesia. Alhasil memilih Ketua Umum yang baru, Anindya Bakrie.

Arsjad Rasjid menantang keputusan tersebut. Dia mengatakan bahwa penggelaran Munaslub yang menghasilkan Ketua Umum baru tersebut telah melanggaran Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi. Terdapat sebanyak 21 Kadin Provinsi yang turut menentang keputusan tersebut.

Latar Belakang dan Pendidikan

Arsjad Rasjid lahir pada 16 Maret 1970 di Jakarta, Indonesia. Arsjad merupakan anak dari purnawirawan TNI, H.M.N Rasjid serta ibu rumah tangga, Hj. Suniawati.

Dalam dunia pendidikan, Arsjad memperoleh gelar sarjana nya di University of Southern California bidang Computer Engineer, Amerika Serikat (AS) pada tahun 1990. Selain itu, Arsjad pernah menimba ilmu di Pepperdine University, California, pada bidang Administrasi Bisnis pada tahun 1993.

Arsjad Rasjid. (Dok: Kadin Indonesia)

Karier Arsjad Rasjid

Arsjad merupakan Direktur Utama dari PT Indika Energy Tbk,  sebuah perusahaan investasi terkemuka di Indonesia yang fokus terhadap pengembangan dan eksploitasi sumber daya alam, infrastruktur, dan berbagai sektor industri strategis lainnya, yaitu PT Indika Energy Tbk.