Logo Bloomberg Technoz

Pidato Javier Milei disampaikan setelah para anggota Kongres gagal pada hari Rabu untuk mengesampingkan veto Milei atas RUU jaminan sosial yang ia peringatkan akan mengancam keseimbangan fiskal Argentina. 

Presiden Javier Milei. (Bloomberg)

Proyeksi anggaran tersebut merinci visi Milei untuk ekonomi karena partai minoritasnya menuju pemilihan paruh waktu tahun depan, membutuhkan lebih banyak kursi di Kongres untuk melanjutkan agendanya. 

Milei telah mempertahankan peringkat persetujuan yang relatif tinggi di sekitar 50% meskipun memangkas pengeluaran dan mendevaluasi mata uang.

Para analis secara luas mengatakan bahwa ia harus menunjukkan kepada para pemilih sebuah pemulihan ekonomi tahun depan untuk menjaga opini publik tetap berpihak padanya. 

Kunci dari perjuangannya melawan inflasi, anggaran Milei memproyeksikan nilai tukar resmi pada akhir tahun 2025 adalah 1.207 peso/US$, yang mengindikasikan depresiasi peso serupa dengan laju saat ini yaitu 2% per bulan yang dikendalikan oleh pemerintah.

Para investor sangat menantikan Milei untuk menguraikan timeline dan jalan keluar dari labirin kontrol mata uang Argentina sebagai langkah kunci sebelum negara ini kembali ke pasar modal internasional pada awal 2026.

Anggaran ini juga membuka jalan bagi tim ekonomi Milei untuk menegosiasikan perjanjian baru dengan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) untuk menggantikan perjanjian senilai US$44 miliar yang berlaku saat ini.

(bbn)

No more pages