Logo Bloomberg Technoz

Penolakan tersebut diantaranya berasal dari Kadin wilayah Provinsi Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, NTT, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Papua Barat Daya.

“Dewan Pengurus Kadin Gorontalo menyepakati tetap mendukung kepemimpinan Arjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia sampai dengan masa bakti tahun 2026,” kata Ketua Umum Kadin Gorontalo, Muhalim Djafar Litty.

Arsjad dan Korelasi Jabatan Ketua Tim Pemenang Ganjar

Arsjad Rasjid buka suara terkait dengan adanya tuduhan bahwa dia pernah menjadi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu merupakan alasan dari sejumlah internal Kadin menggelar Munaslub untuk mendongkel posisinya sebagai Ketua Kadin.

Menurutnya, keputusannya untuk menjadi Ketua dari TPN Ganjar-Mahfud telah melalui konsultasi dengan sejumlah pengurus Kadin di daerah maupun pusat. Sehingga, dia memilih untuk terlibat dalam kegiatan politik sudah menjadi kesepakatan bahwa tidak melibatkan Kadin dalam langkah politik yang dilakukannya.

Arsjad Rasjid. (Dok: Kadin Indonesia)

“Saya berkonsultasi dengan teman-teman Kadin-Kadin daerah, dengan pengurus harian, akhirnya waktu itu harus yang dimana saya memutuskan untuk menjadi salah satu ketua dalam tim pemenang yang lalu”

“Itu pun saya ajak bicara teman-teman. Karena tadi, saya ingin memastikan bahwa saya ini ada seorang Arsjad sebagai pribadi, dan Arsjad sebagai ketua umum dari kamar dagang dan industri” lanjutnya.

Anindya Bakrie Bantah Jabatannya Ilegal

Ketua Umum Kadin Indonesia terpilih pada Munaslub, Anindya Bakrie mengatakan bahwa posisi yang dia peroleh dari Munaslub telah melalui sejumlah proses yang sah. Dia mengklaim bahwa pelaksanaan Munaslub merupakan inisiatif dari Kadin Daerah dan para anggota yang merupakan pihak asosiasi.

“Pertama-tama, Munaslub ini adalah inisiatif dari Kadin daerah dan juga Asosiasi atau bisa disebut anggota luar biasa. Jadi merekalah yang membuat panitia untuk menentukan kuorum, jalannya persidangan, dan hasilnya. Sesuai dengan AD/ART, dan kemarin sudah berjalan, bahkan ada di beberapa media live yang bisa dilihat sendiri,” kata Anindya.

Dengan demikian, dia menegaskan bahwa melalui hasil dari Munaslub, dia secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum Kadin Periode 2024-2029.

(wep)

No more pages