Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Perebutan Kursi Ketua Kadin Indonesia Arsjad Vs Anindya

Muhammad Fikri
16 September 2024 12:00

Anindya Bakrie. (Dok: Kadin Indonesia)
Anindya Bakrie. (Dok: Kadin Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang sebelumnya dipimpin oleh Arsjad Rasjid, kini digeser oleh Ketua Umum Kadin yang dipilih pada Sabtu lalu (14/9/2024) hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang menetapkan Anindya Bakrie.

Munaslub tersebut diikuti oleh 28 dari total keseluruhan 34 Kadin Provinsi dan 25 asosiasi yang tergabung dalam organisasi tersebut. Pada kegiatan Munaslub tersebut, juga diikuti oleh Bambang Soesatyo atau Bamsoet yang merupakan Kepala Badan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kadin Indonesia.

Klaim Bamsoet, penggelaran Munaslub yang dilakukan pada Sabtu lalu tersebut tidak menyimpang dari AD/ART organisasi. Dalam AD/ART, kata Bamsoet, organisasi dapat memutuskan untuk melakukan Munaslub jika memang internal dari organisasi tersebut memerlukan ketua baru.

Penolakan Arsjad Rasjid dan 21 Kadin Provinsi

Ketua Kadin Arsjad Rasjid menentang secara penuh penggelaran Munaslub Kadin yang memutuskan Anindya Bakrie sebagai Ketua Kadin yang menggantikannya. Arsjad mengatakan bahwa penggelaran Munaslub tersebut menyimpang dari ketentuan AD/ART Kadin Indonesia.

Selanjutnya, Munaslub tersebut juga ditentang oleh 21 Kadin Provinsi. Arsjad juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan perlawanan dengan menginvestigasi adanya dugaan pelanggaran dalam perhelatan Munaslub tersebut.

Arsjad Rasjid (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)