Logo Bloomberg Technoz

Berebut Kursi Kadin: Adu Dukungan Anindya Bakrie Vs Arsjad Rasjid

Redaksi
16 September 2024 10:43

Kolase foto Anindya Bakrie Kudeta Arsjad Rasjid. (Dok: Kadin Indonesia)
Kolase foto Anindya Bakrie Kudeta Arsjad Rasjid. (Dok: Kadin Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Terjadi perebutan pimpinan tertinggi di asosiasi pengusaha Indonesia,  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia antara Arsjad Rasjid dengan Anindya Bakrie. Proksi Anindya dan Arsjad sama-sama menyatakan keabsahan.

Arsjad digulingkan melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada hari Sabtu (14/9/2024) lalu dengan menetapkan pengusaha Anindya Novyan Bakrie sebagai Ketum periode 2024-2029. 

Arsjad Rasjid menjelaskan penjegalan dirinya menyalahi aturan yang berlaku, yakni AD/ART Kadin yang berlandaskan UU No. 1 Tahun 1987 dan Keputusan Presiden (Keppres) No. 18 Tahun  2022, terkait kepemimpinan Kadin Indonesia sebagai satu-satunya organisasi wadah bagi dunia usaha.

Di sisi lain, Anindya menyatakan jabatan yang diterimanya telah melalui proses yang sah. Pelaksanaan Munaslub tidak melanggar AD/ART dan merupakan inisiatif dari Kadin daerah dan Anggota Luar Biasa (KLB).

Pemimpin Baru Kadin Majukan Manufaktur

Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia  (Apsyfi), Redma Gita Wirawasta menyatakan di tangan Anindya dunia usaha memiliki harapan pada bidang manufaktur.