Logo Bloomberg Technoz

Dana Asing Global Makin Membanjiri Pasar Keuangan RI

Ruisa Khoiriyah
16 September 2024 09:40

Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Banjir dana asing di pasar keuangan domestik masih berlanjut, dengan semakin dekatnya keputusan bunga acuan Federal Reserve pekan ini, yang diyakini menjadi pivot kebijakan pertama sejak 2020 silam.

Di pasar saham, pemodal asing membukukan nilai belanja terbesar dalam dua tahun terakhir pada hari terakhir perdagangan pekan lalu. Asing memborong US$1,17 miliar atau setara dengan Rp17,95 triliun pada Jumat pekan lalu. Itu adalah nilai belanja asing sehari oleh asing yang terbesar sejak 26 April 2022, memperpanjang aksi beli nonresiden dalam 13 hari tanpa putus di pasar saham domestik.

Alhasil, sepanjang tahun ini (year-to-date), asing telah membukukan net buy di pasar saham senilai Rp33,46 triliun.

Sedangkan di pasar surat utang negara, asing juga masih belanja meski nilainya cenderung mengecil. Menurut data yang dilansir oleh Bank Indonesia, berdasarkan data setelmen selama 9-12 September, investor nonresiden mencatatkan posisi jual neto di Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp1,31 triliun.

Meski begitu, selama semester II ini hingga data 12 September, asing masih membukukan pembelian bersih SBN sebesar Rp44,33 triliun. Kini, asing menguasai Rp854 triliun SBN, yang menjadi angka kepemilikan tertinggi sejak Juli 2023 silam.

Artikel Terkait