Logo Bloomberg Technoz

Bursa Asia Hari Ini Banyak Libur, Sentimen Data China Bikin Lesu

Ruisa Khoiriyah
16 September 2024 09:00

Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasar keuangan Indonesia tutup hari ini memperingati perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, di hari pertama pekan yang akan menjadi pekan bersejarah menyusul jadwal keputusan bunga acuan Federal Reserve pada Kamis nanti.

Bukan hanya pasar modal RI saja yang tutup. Sebagian besar pasar modal di kawasan Benua Kuning juga tidak beroperasi pada Senin ini. Bursa saham Jepang tutup pada hari ini memperingati Hari Penghormatan Warga Lanjut Usia. Sementara bursa saham China juga libur selama 16-17 September memperingati Mid Autumn Festival.

Sementara bursa Hong Kong masih buka hari ini dan tutup pada Rabu nanti. Di Korea, bursa modal juga libur hari ini memperingati Chuseok. 

Sebagian bursa saham yang lain di Asia masih beroperasi seperti biasa. Pagi ini, seperti terpantau dari data realtime Bloomberg, indeks saham Hong Kong, Hang Seng dibuka melemah, turun 0,7%. 

Sedangkan indeks saham Taiwan Taipex dibuka naik tipis 0,08%. Di Asia Tenggara, bursa saham Singapura melemah 0,37% ketika indeks saham Filipina dibuka menguat 0,33%. Sedangkan bursa saham Malaysia dan Thailand belum dibuka.