Logo Bloomberg Technoz

China Siaga Topan Bebinca: Ratusan Penerbangan Dibatalkan

News
16 September 2024 08:00

Pesawat China Airlines./dok. Bloomberg
Pesawat China Airlines./dok. Bloomberg

Bloomberg News

Bloomberg, Topan Bebinca yang segera mendarat di pantai timur China telah menyebabkan pembatalan ratusan penerbangan dan evakuasi ratusan ribu penduduk di Shanghai dan beberapa kota pesisir lainnya, mengganggu rencana jutaan wisatawan pada awal festival nasional.

Berdasarkan lapran media pemerintah China, Bebinca, yang disebut China sebagai Beibijia, dijadwalkan akan menghantam wilayah Delta Sungai Yangtze pada awal Senin, di sepanjang pantai dari Ningbo di Zhejiang hingga Shanghai dan Qidong di Jiangsu, membawa angin kencang dan hujan deras ke beberapa wilayah.

Bebinca diperkirakan akan menjadi topan terbesar yang melanda ibu kota keuangan dan pusat perkapalan China sejak 1949, menurut media pemerintah, mengutip ramalan Pusat Meteorologi Nasional. Hal ini akan membawa hujan lebat dan pasang tinggi saat mendarat, kata badan cuaca kota.

Shanghai memulai tanggapan darurat tingkat tinggi pada pukul 2 siang waktu setempat pada hari Minggu, menangguhkan kereta api, menutup pelabuhan, jembatan, dan jalan raya.