Logo Bloomberg Technoz

Sektor konstruksi dan pertanian terkena dampak kekurangan tenaga kerja Palestina, yang kini tidak lagi diperbolehkan masuk ke Israel dari Tepi Barat dan Gaza.

Harga perjalanan ke luar negeri melonjak lebih dari 22% bulan lalu, sementara harga tomat naik 37%.

Tekanan tambahan datang dari peningkatan pengeluaran pemerintah untuk membiayai konflik melawan Hamas di Gaza dan menghadapi bentrokan antara pasukan Israel dan Hezbollah, sebuah kelompok militan yang berbasis di Lebanon.

Bank sentral secara teratur mengungkapkan kekhawatirannya tentang dampak perang Gaza terhadap inflasi dalam beberapa bulan terakhir. Meskipun ekonomi melemah, wakil gubernurbank tersebut mengatakan kepada Bloomberg pada akhir Agustus bahwa pemotongan suku bunga kemungkinan tidak akan dilakukan hingga tahun depan.

Menurut Andrew Abir, wakil gubernur, hal ini akan tetap berlaku meskipun Federal Reserve AS menurunkan suku bunga pada hari Rabu, seperti yang diperkirakan oleh sebagian besar analis.

“Inflasi telah menjadi sangat tinggi bahkan dari sudut pandang historis,” kata Yonie Fanning, seorang ahli strategi di Mizrahi Tefahot Bank. “Dampak perang terhadap ekonomi secara umum dan indeks harga secara khusus terus menjadi sangat menonjol.”

(bbn)

No more pages