Logo Bloomberg Technoz

"Pelepasan utang yang terus berlanjut di sektor properti menandakan masalah bagi sisa ekonomi Tiongkok" hingga akhir tahun.

Dolar stabil setelah apa yang disebut oleh Biro Investigasi Federal sebagai upaya pembunuhan yang jelas terhadap mantan Presiden Donald Trump.

US Treasuries tidak akan diperdagangkan pada jam Asia karena liburan di Jepang.

Pembukaan yang hati-hati pada hari Senin datang menjelang serangkaian data dan keputusan bank sentral yang kemungkinan akan menentukan arah pasar untuk sisa tahun ini hingga awal 2025. 

Pembacaan inflasi Zona Euro akan dirilis saat para pejabat memperdebatkan kecepatan pelonggaran kebijakan, diikuti oleh pemotongan suku bunga yang diperkirakan oleh Federal Reserve (The Fed) dan keputusan kebijakan dari Bank of England serta Bank of Japan.

Imbal hasil obligasi AS turun untuk minggu kedua berturut-turut dengan surat utang dua tahun ditutup pada level terendah dua tahun pada hari Jumat, seiring dengan kembalinya taruhan pada pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin oleh The Fed, dengan sekitar 110 basis poin pemotongan suku bunga telah dihargai hingga akhir tahun, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

S&P 500 melonjak 4%, minggu terbaik tahun ini, dengan saham-saham yang sensitif secara ekonomi mengungguli saham megacap teknologi karena para pedagang beralih ke perusahaan yang paling diuntungkan dari pelonggaran kebijakan The Fed.

“Ini adalah minggu yang besar ke depan” dan jelas teka-teki 25 atau 50 basis poin perlu dipecahkan, kata Martin Whetton, kepala strategi pasar keuangan di Westpac Banking Corp. di Sydney. 

“Setidaknya, pemotongan dovish diharapkan mengingat rangkaian data dan titik awal kebijakan, dan ini harus membenarkan harga pasar ke depan.”

Dengan sebagian besar pasar utama di Asia tutup pada hari Senin, para pedagang kemungkinan akan berhati-hati menjelang data perdagangan regional dan keputusan kebijakan Bank Indonesia yang akan dirilis hanya beberapa jam sebelum The Fed. Dana global telah memborong aset Asia Tenggara karena prospek pemotongan suku bunga dan valuasi yang menarik menjanjikan potensi pengembalian besar.

Jika pemotongan suku bunga The Fed tidak didorong oleh resesi, dan pertumbuhan di luar AS terus berjalan lambat, "maka lebih mungkin dolar AS akan tetap tertekan sementara mata uang lain yang sensitif terhadap pertumbuhan dan suku bunga, seperti won Korea, ringgit Malaysia, dan baht Thailand, akan mengungguli," kata Christopher Wong, ahli strategi mata uang di Oversea-Chinese Banking Corp. di Singapura.

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • Futures S&P 500 turun 0,1% pada pukul 7:23 waktu Tokyo
  • Futures Hang Seng turun 0,2%
  • Futures S&P/ASX 200 naik 0,2%

Mata Uang

  • Euro sedikit berubah di US$1,1077
  • Yen Jepang naik 0,2% menjadi 140,52 per dolar
  • Yuan luar negeri sedikit berubah di 7,1000 per dolar
  • Dolar Australia tidak berubah di US$0,6704

Kripto

  • Bitcoin turun 0,3% menjadi US$59.612,2
  • Ether turun 0,5% menjadi US$2.351,85

Obligasi

  • Imbal hasil obligasi 10 tahun AS turun dua basis poin menjadi 3,65% pada hari Jumat

Komoditas

  • Harga emas spot sedikit berubah
  • Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,4% menjadi US$68,94 per barel

(bbn)

No more pages