Logo Bloomberg Technoz

Naiknya harga emas ke rekor tertinggi berulang kali seharusnya memicu banyak perbincangan di pertemuan Denver Gold di Colorado Springs, termasuk bagaimana hal ini membantu mereka yang menggali logam mulia ini dari dalam tanah.

Bullion telah naik 25% tahun ini, berulang kali menetapkan rekor tertinggi sepanjang masa dan meningkatkan antusiasme investor terhadap penambang emas.

Indeks Bloomberg Intelligence untuk produsen top termasuk Newmont Corp., Barrick Gold Corp, dan Agnico Eagle Mines Ltd. telah mengungguli kenaikan harga emas, naik lebih dari 30% tahun ini.

A string of record highs for gold drives gains for miners. (Sumber: Bloomberg)

Minyak

Premi untuk bensin dan diesel berjangka dibandingkan West Texas Intermediate (WTI) — lebih dikenal dalam jargon industri sebagai crack spread 3-2-1 — turun minggu lalu ke level terendah sejak Februari 2021.

Menurut Badan Energi Internasional, pertumbuhan konsumsi minyak adalah yang paling lambat sejak pandemi Covid karena ekonomi China melambat.

Di AS, data ekonomi yang lebih lemah semakin meningkatkan kekhawatiran ketika permintaan sudah secara musiman lebih lambat dan inventaris bensin Pantai Timur telah naik di atas rata-rata lima tahun untuk pertama kalinya sejak 2021.

Penyempitan crack spread lebih lanjut — sebuah proksi untuk potensi keuntungan dari mengubah satu barel minyak mentah menjadi bahan bakar — akan menekan prospek bagi penyuling minyak, berpotensi memaksa beberapa untuk mengurangi tingkat produksi untuk menghindari kelebihan pasokan.

Gasoline and Diesel Margins Are Under Pressure. (Sumber: Bloomberg)

Gandum

Cuaca panas dan kering telah berdampak buruk pada tanaman gandum, dengan eksportir utama Rusia dan produsen utama Eropa seperti Jerman dan Prancis memanen lebih sedikit daripada tahun lalu.

Menurut data terbaru dari Departemen Pertanian AS, dunia diperkirakan akan memanen sekitar 797 juta metrik ton gandum pada tahun panen saat ini — yang terbesar sepanjang masa.

Pasokan besar membantu menurunkan harga gandum — harga berjangka telah turun 5,3% tahun ini — sebuah tren yang disambut baik oleh penggiling dan pembuat roti yang sadar biaya

Grafik produksi gandum dunia. (Sumber: US Department of Agriculture)

Nuklir

Para manajer dana bertaruh bahwa energi nuklir akan kembali. Analisis oleh Robeco Institutional Asset Management menunjukkan bahwa energi nuklir adalah yang berkinerja terbaik selama tiga tahun di antara kelompok industri dari hampir 650 saham yang dianggap sebagai penyedia solusi iklim.

Menambahkan nuklir ke portofolio yang ramah lingkungan adalah kontroversial, dengan skeptis mengutip kekhawatiran seperti limbah nuklir dan pasokan uranium.

Namun, pendukung membalas bahwa menjalankan reaktor nuklir bebas emisi.

Basket of Nuclear Energy Stocks Outperforms Other Climate Solutions. (Sumber: Robeco, Datastream)

Cuaca

Musim panas Belahan Bumi Utara semakin mendekati akhir, menutup periode rekor untuk suhu global yang menggarisbawahi dampak perubahan iklim pada planet ini.

Menurut Copernicus Climate Change Service Uni Eropa, suhu global melonjak hingga 0,69C di atas rata-rata historis dari Juni hingga Agustus, mengalahkan rekor tertinggi sebelumnya yang ditetapkan tahun lalu.

Pergeseran ini meningkatkan frekuensi dan intensitas gelombang panas, memicu peristiwa cuaca ekstrem mulai dari kekeringan dan kebakaran hutan hingga badai hebat dan banjir, membawa kekacauan ke pasar komoditas.

Grafik suhu dunia. (Sumber: Copernicus Climate Change Service)

(bbn)

No more pages