Logo Bloomberg Technoz

BYD Jadi Mobil Paling Laris Sepanjang Agustus 2024

Pramesti Regita Cindy
15 September 2024 18:00

Mobil listrik BYD.
Mobil listrik BYD.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penjualan mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) secara wholesales (pabrikan ke dealer) di tingkat nasional ditempati oleh Build Your Dreams (BYD). 

Penjualan itu tercermin dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk penjualan pada Agustus 2024. Mobil listrik asal pabrikan Negara Panda tersebut berhasil mencatat penjualan 2.940 unit mobilnya, berbanding terbalik dengan pesaingnya sesama negaranya Wuling. 

Wuling justru mengalami penurunan penjualan secara bulanan sebesar 22,3% dengan hanya 1.866 unit. Namun, pencapaian BYD tersebut belum bisa menandingi total penjualan Wuling sepanjang Januari-Agustus 2024, di mana mereka mencatatkan total penjualan sebesar 11.910 unit dengan pangsa pasar secara nasional 2,1%.

Meski demikian, secara penjualan segmen model khususnya untuk BEV, BYD juga tidak tergoyahkan pada segmen sedan dan juga segmen model 4x2. 

Untuk segmen sedan, BYD mendominasi dengan penjualan merek Seal Premium Extended Range dengan menjual 847 unit. Sementara, pada segmen model 4x2 BYD juga nampak mendominasi penjualannya lewat merek BYD Atto 3 Superior Extended Range sebanyak 961 unit.