Logo Bloomberg Technoz

Keberhasilan Transformasi PLN Menjadi Benchmark Perusahaan Global


PLTP Kamojang, Pembangkit Geothermal PLN Pertama di Asia Tenggara Penghasil Green Hydrogen (Dok. PLN)
PLTP Kamojang, Pembangkit Geothermal PLN Pertama di Asia Tenggara Penghasil Green Hydrogen (Dok. PLN)

Jakarta - Kesuksesan PT PLN (Persero) dalam menjalankan transformasi perusahaan menjadi benchmark atau tolak ukur bagi perusahaan-perusahaan lain.

Tidak hanya di kancah nasional, keberhasilan ini pun diapresiasi dan dijadikan contoh oleh perusahaan-perusahaan energi internasional seperti Gulf Energy Development dari Thailand, Banpu Public Company Limited dari Thailand, dan Sarawak Energy Berhad dari Malaysia.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, sekitar empat tahun terakhir perseroan melakukan transformasi besar-besaran yang berfokus pada efisiensi, inovasi, dan kepuasan pelanggan. Transformasi ini telah membawa perubahan besar bagi PLN baik di sektor bisnis, energi pembangkit, hingga sisi layanan pelanggan.

"Transformasi telah membuat layanan yang semula terfragmentasi, berbelit dan dilakukan secara manual kini menjadi terintegrasi, sederhana dan terdigitalisasi. Transformasi PLN juga berhasil mendorong perubahan bisnis yang semula berorientasi pada energi fosil ke energi rendah karbon. PLN terus melakukan upaya dekarbonisasi dan mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan," kata Darmawan.

Darmawan menambahkan berbagai upaya transformasi ini dilakukan karena PLN tidak hanya ingin menghasilkan listrik andal tetapi berkelanjutan untuk masa depan bumi dan generasi mendatang.