Logo Bloomberg Technoz

Rusia Berbagi Rahasia Nuklir pada Iran, Picu AS-Inggris Khawatir

News
15 September 2024 11:00

Citra satelit tunjukkan kapal LNG kedua di Rusia yang masih terkena sanksi.
Citra satelit tunjukkan kapal LNG kedua di Rusia yang masih terkena sanksi.

Alex Wickham -- Bloomberg Technoz

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dan Inggris semakin khawatir bahwa Rusia berbagi informasi dan teknologi rahasia dengan Iran yang dapat membawanya lebih dekat untuk dapat membangun senjata nuklir. Hal ini sebagai imbalan atas Teheran yang menyediakan rudal balistik bagi Moskow untuk perangnya di Ukraina.

Kremlin telah meningkatkan kerja samanya dengan Iran atas ambisinya untuk memperoleh senjata atom dalam beberapa bulan terakhir, menurut pejabat Barat yang mengetahui masalah tersebut, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas penilaian yang belum dipublikasikan.

Perkembangan tersebut dibahas oleh pejabat AS dan Inggris di Washington minggu ini, sumber tersebut menambahkan, saat Perdana Menteri Inggris Keir Starmer bertemu Presiden Joe Biden di Gedung Putih untuk pertemuan strategis tentang kebijakan luar negeri. Mereka menggambarkannya sebagai hal yang mengkhawatirkan, dan peningkatan hubungan militer Rusia dan Iran.

Pemerintahan Biden tetap sangat khawatir dengan aktivitas nuklir Iran, menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih. Biden telah menjelaskan bahwa AS siap menggunakan semua elemen kekuatan nasional untuk mencegah eskalasi nuklir oleh Iran, kata juru bicara itu pada hari Sabtu.