Logo Bloomberg Technoz

Asia

Pengukuran yang lebih luas dari harga-harga di seluruh ekonomi China yang dikenal sebagai deflator produk domestik bruto kemungkinan akan memperpanjang penurunan lima kuartal saat ini hingga 2025, menurut Bloomberg Economics dan analis di bank-bank termasuk BNP Paribas SA.

Hal itu akan menjadi rentetan deflasi terpanjang di China sejak data dimulai pada 1993. Bahayanya adalah deflasi dapat membesar seperti bola salju dengan mendorong rumah tangga yang terhuyung-huyung karena gaji yang turun untuk mengurangi pengeluaran, atau menunda pembelian karena mereka memperkirakan harga akan turun lebih jauh.

Perusahaan-perusahaan Jepang semakin meninggalkan pendekatan bisnis di China yang dulunya tampak kebal terhadap politik, sebuah perubahan mencolok setelah bertahun-tahun ketika mereka menjadi investor tunggal terbesar dalam ekonomi tetangga mereka.

Hampir separuh dari perusahaan-perusahaan Jepang di China yang disurvei dalam survei baru-baru ini mengatakan mereka tidak akan menghabiskan lebih banyak atau akan memangkas investasi tahun ini. Perusahaan-perusahaan menyebutkan kenaikan upah, penurunan harga, dan geopolitik sebagai masalah terbesar yang mereka hadapi.

Korea Selatan berupaya meningkatkan penjualan infrastruktur globalnya dengan memanfaatkan apa yang dianggapnya sebagai rasa frustrasi terhadap China di Afrika, sembari bekerja sama dengan negara-negara lain untuk membantu membangun kembali Ukraina yang dilanda perang. Fokusnya akan jatuh pada negara-negara berkembang, di mana populasi yang terus bertambah memicu lonjakan permintaan jalan, jembatan, dan pelabuhan karena ekonomi Korea Selatan sendiri melambat dan angka kelahiran menurun.

Eropa & Timur Tengah

Seperti negara-negara lain di dunia, ECB semakin yakin bahwa pertumbuhan harga konsumen kembali ke target setelah lonjakan historisnya. Sementara itu, ekonomi zona euro yang beranggotakan 20 negara kehilangan momentum. Konsumsi rumah tangga gagal mendukung pemulihan yang dimulai di awal tahun dan produsen tetap lesu karena permintaan yang lemah dari luar kawasan mata uang tunggal. Kelemahan itu mendorong ECB untuk memangkas perkiraannya untuk produk domestik bruto pada tahun 2024, 2025, dan 2026.

Konsumen zona euro tidak terburu-buru membuka dompet mereka — mendorong sebagian orang bertanya apakah pemulihan ekonomi yang seharusnya mereka pimpin akan pernah tiba. Jika pelemahan berlanjut hingga 2025 dan menyeret inflasi di bawah target, investor dan analis memperkirakan pelonggaran moneter yang lebih dramatis mungkin diperlukan.

Perekonomian Inggris mandek selama dua bulan pada bulan Juli, yang menunjukkan bahwa pemulihan cepat dari resesi kini kehilangan momentum dan menjadi pukulan bagi Perdana Menteri Keir Starmer. Partai Buruh, yang menang dalam pemilihan umum bulan Juli, mengandalkan pertumbuhan untuk memperbaiki keuangan publik dan memberikan dorongan pada standar hidup yang dijanjikan kepada para pemilih.

Kementerian Keuangan Israel memangkas proyeksi pertumbuhannya tahun ini, yang menggarisbawahi tekanan yang ditimbulkan oleh perang di Gaza yang berlangsung hampir setahun terhadap perekonomian negara tersebut. Proyeksi baru sebesar 1,1% berarti perekonomian Israel akan tumbuh pada laju paling lambat tahun ini sejak sekitar tahun 2009, kecuali pandemi Covid-19 pada tahun 2020.

Amerika Serikat

Inflasi dasar secara tak terduga meningkat pada Agustus karena harga perumahan dan perjalanan yang lebih tinggi. Harga tempat tinggal, kategori terbesar dalam layanan, naik paling tinggi sejak awal tahun. Tidak termasuk perumahan dan energi, harga layanan naik 0,3%, tertinggi sejak April, menurut perhitungan Bloomberg. Jutaan orang AS mengalami keterlambatan pembayaran pinjaman mahasiswa setahun setelah pembekuan pandemi berakhir – dan hal itu akan segera mulai merugikan skor kredit mereka.

Taylor Swift telah membuktikan dirinya sebagai kekuatan budaya dan ekonomi. Saat pemilihan presiden AS memasuki putaran terakhir, semua mata tertuju pada apakah dia juga bisa menjadi kekuatan politik. Indikasi pertama pengaruhnya mungkin datang dari mereka yang mendaftar untuk memilih atas desakannya: tautan khusus Swift ke Vote.gov mendorong lebih dari 300.000 kunjungan ke situs tersebut hingga pukul 11 ​​pagi hari Rabu, menurut juru bicara Administrasi Layanan Umum.

Negara Berkembang

Inflasi tahunan Brasil menurun sesuai dengan ekspektasi pada Agustus, memberikan sedikit kelegaan bagi bank sentral yang berada di bawah tekanan untuk menaikkan suku bunga guna menahan kenaikan harga di atas target. Pengamat Brasil mengatakan langkah tersebut juga diperlukan untuk menanggapi penurunan nilai mata uang, peningkatan belanja publik, dan memburuknya prakiraan inflasi.

Dunia

Ekonomi maju dunia mungkin memiliki alasan baru untuk berharap pertumbuhan yang lebih kuat tahun depan, jika beberapa prakiraan paling pesimis untuk minyak mencapai sasaran. Dengan patokan global minyak mentah Brent turun di bawah US$70 per barel untuk pertama kalinya sejak akhir 2021 pada hari Selasa, komponen utama dari guncangan energi yang mendorong krisis inflasi terburuk dalam satu generasi sudah cukup jinak untuk memberi lampu hijau bagi para pembuat kebijakan untuk pemotongan suku bunga.

Jerman mengirim kapal perang pertamanya melalui Selat Taiwan dalam 22 tahun, menentang peringatan Tiongkok karena hubungan antara kedua belah pihak memburuk akibat perdagangan dan perang Rusia di Ukraina. Langkah Jerman menyoroti keinginan yang semakin kuat dari mitra-mitra AS untuk menentang Presiden Xi Jinping dan mengirim kapal-kapal melalui salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Di luar ECB, Peru memangkas suku bunga ke level terendah di antara negara-negara ekonomi utama Amerika Latin. Armenia, Serbia, dan Pakistan juga menurunkan suku bunga, sementara Georgia dan Uzbekistan mempertahankan biaya pinjaman tetap stabil. Bank sentral Rusia memperketat kebijakan moneter karena inflasi tetap jauh di atas target.

(bbn)

No more pages