Logo Bloomberg Technoz

Peta Ekonomi Global: Kekhawatiran Deflasi Meningkat di China

News
15 September 2024 07:00

Perekonomian Jepang mulai merasakan dampak perlambatan ekonomi global yang memicu penurunan aktivitas perdagangan (Bloomberg)
Perekonomian Jepang mulai merasakan dampak perlambatan ekonomi global yang memicu penurunan aktivitas perdagangan (Bloomberg)

Vince Golle dan Molly Smith -- Bloomberg News

Bloomberg, Deflasi yang mengintai China sejak tahun lalu kini menunjukkan tanda-tanda akan semakin memburuk, dan berpotensi memperburuk prospek negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut. Hal ini meningkatkan seruan adanya tindakan kebijakan segera.

Inflasi yang surut dan meningkatnya kekhawatiran ekonomi mendorong Bank Sentral Eropa (ECB) untuk menurunkan suku bunga 25 basispoin untuk kedua kalinya tahun ini. Petunjuk tentang waktu pemotongan berikutnya tidak banyak tersedia pada hari Kamis, dengan Gubernur ECB Christine Lagarde dan rekan-rekannya menunggu data tentang seberapa drastis ekonomi memburuk — dan bagaimana hal itu akan mengubah inflasi.

Di Amerika Serikat (AS), kenaikan inflasi dasar yang tidak terduga mengurangi kemungkinan pemotongan suku bunga yang lebih besar dari para pembuat kebijakan Federal Reserve minggu mendatang.

Berikut ini beberapa informasi mingguan mengenai perkembangan terbaru dalam ekonomi global, pasar global, dan situasi geopolitik: