Logo Bloomberg Technoz

Kandidat PM Jepang Takaichi Minta BoJ Tak Kerek Suku Bunga

News
15 September 2024 08:00

Sanae Takaichi. (Sumber: Bloomberg)
Sanae Takaichi. (Sumber: Bloomberg)

Alastair Gale -- Bloomberg News

Bloomberg, Sanae Takaichi, salah satu kandidat utama perdana menteri Jepang mengatakan masih terlalu dini bagi Bank of Japan untuk menjauh dari kebijakan yang sangat longgar. Sembilan anggota parlemen yang akan bertarung dalam pemilihan partai yang berkuasa bulan ini berdebat dalam konferensi pers pada hari Sabtu.

Takaichi yang dikenal sebagai pengamat kebijakan fiskal dan moneter, mengatakan karena inflasi didorong oleh tingginya biaya energi, makanan, dan komoditas lainnya, BOJ harus lebih berhati-hati dalam menaikkan suku bunga.

"Saya percaya bahwa pelonggaran moneter harus terus berlanjut," katanya. "Suku bunga harus tetap rendah karena tidak akan menyulitkan kaum muda untuk membeli rumah atau bagi perusahaan untuk melakukan investasi yang akan meningkatkan produktivitas di masyarakat."

Semua kandidat untuk pemilihan 27 September untuk menjadi pemimpin Partai Demokrat Liberal yang berkuasa telah mengajukan gagasan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam janji kampanye mereka, tetapi sebagian besar berhati-hati agar tidak terlihat memberi tekanan pada BoJ.