Logo Bloomberg Technoz

ECB Tetap Waspada meski Inflasi Capai Target 2%, Ini Alasannya

News
15 September 2024 08:30

Joachim Nagel (Bloomberg)
Joachim Nagel (Bloomberg)

Jana Randow -- Bloomberg News

Bloomberg, Para pembuat kebijakan bank sentral Eropa European Central Bank (ECB) harus tetap waspada bahkan dengan pertumbuhan inflasi yang diperkirakan akan melambat hingga 2% pada akhir 2025, kata Joachim Nagel yang merupakan Gubernur Bundesbank, bank sentral Jerman.

"Jika kita melihat gambaran inflasi tahun ini dan tahun depan, kami berasumsi bahwa kami akan mencapai target kami paling lambat pada akhir tahun 2025," katanya pada acara open day lembaganya di Frankfurt pada hari Sabtu (14/9/2024). 

"Namun saya juga tahu — sayangnya, begitulah inflasi — bahwa kami harus tetap fokus karena sebagai bank sentral, ada banyak hal, seperti harga energi, yang tidak dapat kami kendalikan." Bankir sentral Jerman itu berbicara dua hari setelah ECB memangkas suku bunga untuk kedua kalinya sejak Juni dan mengonfirmasi proyeksi ekonomi yang memperkirakan pertumbuhan harga konsumen rata-rata 2,2% pada 2025 dan 1,9% pada 2026.

Nagel, yang termasuk Anggota Dewan Gubernur ECB yang lebih agresif, mengatakan inflasi dulunya merupakan "binatang rakus", tetapi sekarang tidak lagi dapat digambarkan seperti itu.