Logo Bloomberg Technoz

Peneliti: Kencan Online Bikin Ketimpangan Ekonomi AS Makin Tajam

News
15 September 2024 07:30

Ilustrasi Kencan Usia Remaja (Envato/Wavebreakmedia)
Ilustrasi Kencan Usia Remaja (Envato/Wavebreakmedia)

Alex Tanzi -- Bloomberg News

Bloomberg, Menurut sebuah penelitian, kencan daring diperkirakan menjadi salah satu penyebab meningkatnya ketimpangan pendapatan di Amerika Serikat (AS) dalam beberapa dekade terakhir.

Sejak munculnya aplikasi kencan yang memungkinkan orang mencari pasangan berdasarkan kriteria, termasuk pendidikan, warga AS semakin banyak yang menikahi seseorang yang mirip dengan diri mereka. Menurut temuan para peneliti dari Federal Reserve Banks of Dallas dan St. Louis serta Haverford College, hal itu menyebabkan sekitar separuh dari peningkatan ketimpangan pendapatan di antara rumah tangga antara tahun 1980 dan 2020.

Dengan menggunakan data dari Survei Komunitas AS dari Biro Sensus dari tahun 2008 hingga 2021, ketika kencan daring dengan cepat menjadi lazim, para ekonom menemukan wanita menjadi sedikit lebih selektif ketika memilih pasangan berdasarkan usia, sementara pria menjadi sedikit lebih selektif berdasarkan pendidikan.

Namun, ketika para peneliti membandingkannya dengan data pasangan menikah dari tahun 1960 dan 1980, mereka menemukan bahwa orang-orang pada periode terkini semakin memilih pasangan dengan upah dan tingkat pendidikan yang sama. Ketika dahulu banyak orang menikahi seseorang dengan etnis yang sama, kini orang-orang menjadi semakin tidak selektif dalam hal ras dari waktu ke waktu.