Logo Bloomberg Technoz

PON XXI Aceh - Sumut

Menpora: PON XXI Momentum Menuju Olimpiade E-sports


(Dok. Ist)
(Dok. Ist)

Bloomberg Technoz, Medan - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo secara resmi membuka cabang olahraga e-sports sebagai bagian dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut di Medan International Convention Center (MICC), Kota Medan, Sumatra Utara pada Jumat (13/9/2024).

Momen ini dikatakan Menpora menjadi tonggak sejarah, karena untuk pertama kalinya e-sports masuk sebagai cabang olahraga resmi, setelah sebelumnya hanya menjadi cabang ekshibisi di PON XX Papua.

“Ini adalah pertama kalinya e-sports resmi menjadi cabang olahraga di PON. Sebelumnya, pada PON XX di Papua, e-sports hanya masuk dalam ekshibisi. Ini merupakan perkembangan yang sangat baik dan saya rasa momentum ini sangat tepat untuk e-sports di Indonesia,” ujar Menpora Dito.

Dua tahun mendatang, lanjutnya, Olimpic E-sports Series akan menjadi ajang perdana bagi para atlet e-sports dunia, termasuk dari Indonesia. Menpora berharap, Indonesia bisa mengambil bagian dan menargetkan emas di ajang tersebut.

“Bulan lalu, di Olimpiade Paris saat Kongres OIC, diputuskan bahwa dua tahun lagi akan ada Olimpic E-sports Series. Saya berharap PB ESI segera menyiapkan kontingen tim nasional e-sports yang kuat untuk menjadi pesertanya, karena kita punya potensi besar,” tutur Menpora Dito.