Logo Bloomberg Technoz

"Seluruh Muslim, termasuk anggota parlemen, bertanggung jawab untuk menegakkan dan menghormati hukum Shariah, bukannya menghalangi atau tidak mengakuinya," kata Hadi dalam kongres tahunan yang diadakan di negara bagian Pahang.

Pemilihan umum berikutnya harus dilakukan paling lambat tahun 2028 dan Anwar sudah berusaha keras mendekati PAS untuk meningkatkan kredibilitasnya di kalangan pemilih warga Melayu.

Dia sudah melakukan pertemuan dengan para pemimpin PAS, yang menimbulkan speksulasi akan ada kerja sama politik dan memicu keresahan pada koalisi pelangi yang terdiri dari kelompok liberal, kelompok daerah dan partai China.

Tahun lalu, pemerintah Anwar Ibrahim membatalkan satu konser musik ketika dua anggota band 1975 asal Inggris berciuman di panggung, dan melarang jam Swatch dengan warna pelangi LGBTIQ.

PAS adalah bagian dari blok koalisi Malay Perikatan Nasional yang mendapat sejumlah pukulan dalam beberapa bulan terakhit.

Koalisi oposisi ini kehilangan satu kursi dalam pemilu sela di Kelantan yang merupakan basis kuat PAS, sejumlah anggota parlemen dari blok ini pun berpindah ke koalisi pimpinan Anwas, dan ketuanya Muhuiddin Yassin masih menghadapi sejumlah kasus pidana.

Meski demikian, PAS memutuskan untuk setia. Sekjen PAS Takiyuddin Hassan mengatakan bahwa partainya berencana menguasai negara bagian Pahang dalam pemilu mendatang. Partai ini sekarang menguasai 13 negra bagian di Malaysia.

(bbn)

No more pages