Logo Bloomberg Technoz

Intel Raih Rp53 T untuk Produksi Chip di Program Rahasia Pentagon

News
14 September 2024 19:00

Intel. (Dok: Bloomberg)
Intel. (Dok: Bloomberg)

Mackenzie Hawkins dan Ian King - Bloomberg News

Bloomberg, Intel Corp telah secara resmi memenuhi syarat untuk mendapatkan hingga US$3,5 miliar atau setara Rp53 triliun dalam hibah federal guna membuat semikonduktor untuk Pentagon, setelah pembuat chip tersebut mencapai kesepakatan yang mengikat dengan pejabat AS.

Program rahasia, yang disebut Secure Enclave, bertujuan untuk membangun produksi chip canggih dengan aplikasi militer dan intelijen. Hal ini mencakup beberapa negara bagian, termasuk fasilitas manufaktur di Arizona, Bloomberg telah melaporkan.

Meskipun Intel selalu menjadi yang terdepan untuk pendanaan ini, ada penolakan dari pembuat chip lainnya, kekhawatiran di Washington tentang kebijaksanaan mengandalkan satu perusahaan, dan perebutan pendanaan di beberapa lembaga dan Capitol Hill yang mengancam untuk mengurangi total pendanaan Intel.

Pendanaan tersebut dapat diumumkan paling cepat minggu depan, kata sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya. Ini akan menambah kemungkinan US$8,5 miliar dalam hibah dan US$11 miliar dalam pinjaman yang diberikan kepada Intel pada Maret di bawah Undang-Undang Chips and Science, sebuah undang-undang yang ditandatangani Presiden AS Joe Biden pada 2022 untuk menghidupkan kembali manufaktur semikonduktor AS dan mengurangi ketergantungan pada Asia.