Logo Bloomberg Technoz

Dugaan Peretasan Indodax: Kerugian hingga Nasib Dana Nasabah

Mis Fransiska Dewi
14 September 2024 13:30

Kronologi Transaksi Kripto Mencurigakan di Indodax, Dana Aman? (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Kronologi Transaksi Kripto Mencurigakan di Indodax, Dana Aman? (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Belakangan, industri Kripto di Tanah Air dihebohkan karena aksi peretasan terhadap sistem PT Indodax Nasional Indonesia. Aksi ini terjadi setelah tersiar kabar adanya transaksi mencurigakan di platform pertukaran kripto tersebut.

Awalnya, temuan mengenai dugaan peretasan terhadap sistem Indodax pertama kali diungkapkan oleh platform keamanan Web3, Cyvers, pada Rabu (10/9/2024) lalu. Melalui unggahan akun resmi X, Cyvers mengaku menemukan adanya transaksi mencurigakan yang melibatkan akun Indodax. 

Semula, Cyvers menyebutkan, akun mencurigakan telah mengenggam aset token milik Indodax senilai US$14,4 juta atau setara sekitar Rp217 miliar. 

"Hey @Indodax, sistem kami mendeteksi sejumlah transaksi mencurigakan yang melibatkan dompet anda di jaringan yang berbeda," tulis @CyversAlerts, Rabu (11/9). 

Namun setelah itu Cyvers merevisi angka potensi kerugian menjadi US$18,2 juta atau setara sekitar Rp282,1 miliar, yang merupakan hasil dari transaksi sebanyak lebih dari 150 kali.