Logo Bloomberg Technoz

Netflix Digugat atas Dugaan Squid Game Jiplak Film India

News
14 September 2024 12:30

Squid Game: The Challenge. (Sumber: Netflix Indonesia)
Squid Game: The Challenge. (Sumber: Netflix Indonesia)

Chris Dolmetsch - Bloomberg News

Bloomberg, Netflix Inc dituding menjiplak film yang dirilis pada 2009 oleh seorang pembuat film asal India untuk serial Squid Game yang populer. Tudingan ini muncul di saat perusahaan bersiap merilis musim kedua dari serial tersebut akhir tahun ini.

Pembuat film, Soham Shah, menggugat Netflix di pengadilan federal di New York pada Jumat (13/09/2024). Dia menuduh acara tersebut adalah "penjiplakan yang terang-terangan" dari film berbahasa Hindi-nya bertajuk Luck. Film tersebut menceritakan kisah tentang "sekelompok orang yang putus asa dan berutang, yang dibujuk untuk ikut serta dalam serangkaian permainan kompetitif guna memenangkan sejumlah besar uang" yang kemudian mengetahui bahwa kalah dalam kontes berarti kematian.

"Plot utama, karakter, tema, suasana, latar, dan urutan peristiwa dari Squid Game sangat mirip dengan Luck, menentang kemungkinan bahwa kesamaan seperti itu bisa menjadi kebetulan," kata Shah dalam gugatan tersebut.

Squid Game membuat sejarah pada 2022 sebagai drama berbahasa asing pertama yang memenangkan penghargaan tertinggi di Emmy Awards. Serial ini merupakan peluncuran terbesar Netflix, dengan biaya produksi US$21 juta, dan penonton menyaksikan 1,65 miliar jam acara tersebut hanya dalam empat minggu. Ini tetap menjadi salah satu acara paling populer dari layanan tersebut selama berbulan-bulan dan Netflix mengumumkan pada bulan Juli bahwa musim kedua akan dirilis pada 26 Desember, dengan musim ketiga dan terakhir akan ditayangkan pada 2025.